TUGU PAHLAWAN SURABAYA TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA SURABAYA

Tugu Pahlawan Surabaya merupakan sebuah tempat bersejarah di Kota Surabaya . Monumen Tugu pahlawan dibangun untuk mengenang jasa-jasa pah...



Tugu Pahlawan Surabaya merupakan sebuah tempat bersejarah di Kota Surabaya. Monumen Tugu pahlawan dibangun untuk mengenang jasa-jasa pahlawan Kota Surabaya (Arek-arek Suroboyo) dalam melawan Pasukan Sekutu dan Belanda yang ingin menjajah Indonesia lagi yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, sehingga tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Monumen ini menjadi pusat perhatian saat tanggal 10 November dimana rakyat Indonesia memperingati hari Pahlawan.

Tugu Pahlawan Surabaya berbentuk lancip keatas seperti paku yang terbalik, bentuk dari monumen ini mempunyai makna tersendiri. Tubuh bangunan berbentuk lengkungan sejumlahh 10 lengkungan dan mempunyai ruas 11 buah. Ini melambangkan tanggal 10 November 1945. Pada hari Minggu pagi disekitaran Tugu Pahlawan Surabaya banyak pedagang pernak-pernik, baju, aksesoris, makanan, dan sebagainya.

SEJARAH TUGU PAHLAWAN SURABAYA


Ada dua pendapat yang menyertai sejarah pemrakarsa pembangunan Tugu pahlawan Surabaya.
Pendapat yang pertama datang dari Gatot Barnowo, menurut beliau monumen ini diprakarsai oleh Doel Arnowo yang saat itu menjabat sebagai Kepala Daerah Kota besar Surabaya.

Pendapat yang kedua dilontarkan oleh Ir. Soendjosmono, menurut beliau pembangunan monumen di prakarsai oleh Presiden Soekarno. Pembangunan monumen Tugu Pahlawan memakan waktu selama sepuluh bulan. Pada tanggal 10 November 1952, Presiden Soekarno meresmikan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

ALAMAT TUGU PAHLAWAN SURABAYA


Tugu pahlawan beralamatkan di Jl. Pahlawan Surabaya, tepatnya ditengah-tengah Jalan Pahlawan Surabaya, disamping kantor Gubernur Jawa Timur. Berdiri megah diatas lahan seluas 1,3 hektar.

Dibawah tanah Tugu Pahlawan terdapat Museum Tugu Pahlawan yang  di resmikan oleh Presiden R.I kala itu K.H Abdurrahman Wahid pada 19 Februari tahun 2000. Didalamnya terdapat dokumentasi pembangunan, dan kisah-kisah sejarah. Harga tiket masuk berkisar Rp.5.000.

FOTO TUGU PAHLAWAN SURABAYA


Demikianlah informasi tempat wisata Tugu Pahlawan Surabaya. Bagi Anda yang sedang di kota Surabaya jangan lupa untuk mengunjungi monumen bersejarah ini. Semoga bermanfaat :-).

Related

Wisata 5259456142546032457

CARI DISKON


Paling Populer

item