5 TEMPAT WISATA ALAM DI BALIKPAPAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Balikpapan adalah salah satu Kota di Kalimantan Timur yang menyimpan banyak pesona alam mengagumkan. Kota ini terletak di pinggiran laut (s...



Balikpapan adalah salah satu Kota di Kalimantan Timur yang menyimpan banyak pesona alam mengagumkan. Kota ini terletak di pinggiran laut (selat Makassar) sehingga kota Balikpapan memiliki beberapa pantai yang sangat eksotis. Tempat wisata alam di balikpapan yang lainnya juga beragam, mulai dari hutan lindung hingga taman taman kota yang didesain sedemikian rupa hingga kota balikpapan pernah meraih penghargaan sebagai kota Adipura. Tatanan kota yang rapi dan bersih juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah daerah dan warga kota balikpapn.

Jika dilihat dari jenisnya, Tempat wisata di Balikpapan terbagi menjadi beberapa kategori, kategori wisata pantai, wisata alam / taman, wisata budaya dan lain lain.  Namun dari sekian banyak tempat tempat wisata tersebut berikut ini adalah tempat wisata yang paling sering dikunjungi, atau tidak paling dikenal di wilayah balikpapan.

WISATA PANTAI BALIKPAPAN


1. PANTAI MANGGAR

Pantai Manggar Segara sari atau lebih dikenal dengan pantai manggar. Pantai ini berlokasi di Kelurahan Manggar dan teritip. Apabila ditempuh dari Bandara Sepinggan Balikpapan maka pantai ini hanya berjarak kurang lebih 9 km saja. Dan bila ditempuh dari pusat kota maka hanya berjarak 21 KM. Pesona pantai yang sangat menawan dan juga pepohonan rindang membuat pantai ini cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Disediakan juga pesewaan banana boat, pelampung, dan bola jika ingin bermain di pantai.

2. PANTAI KEMALA

Kemala Beach terletak dipusat kota Balikpapan, bisa diakses dengan mudah dari berbagai penjuru kota balikpapan, pasir yang putih dan gelombang laut yang tidak besar, wisatawan bisa berenang bebas disini. Terdapat restoran dan penjual makanan disekitaran lokasi pantai Kemala. Bagi yang ingin menyewa banana boat, disini juga tersedia. Pantai kemala berlokasi di Jln. Sudirman. Jika ingin melihat matahari terbenam, datanglah sore hari di Pantai kemala. Selain kedua pantai tersebut masih ada pantai lagi di balikpapan seperti pantai Melawai dan pantai Lamaru.

WISATA ALAM / TAMAN BALIKPAPAN


1. HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN

Bila Anda sudah bosan dengan suasana perkotaan, mungkin Hutan lindung sungai Wain ini bisa menjadi solusi untuk melepas penat. Hutan lindung seluas 10.000 hektar ini memiliki macam macam flora dan fauna yang dilindungi, meliputi beruang madu, bekatan, berbagai jenis burung dan juga orang utan. Hutang lindung ini sangat cantik dan alami, jika memasukinya, anda akan merasa seperti hidup dizaman dulu dimana belum ada bangunan bangunan megah yang dibangun. Lokasinya berada di Jl. Soekarno-Hatta, Km 15, Karang Joang. Pengunjung bisa mengakses wilayah ini dengan kendaraan umum, sewaan atau kendaraan pribadi.

2. WANA WISATA

Hutan Wana Wisata adalah salah satu lokasi taman wisata di balikpapan yang bisa digunakan dan memang ditujukan untuk kegiatan wisata. Berada di Jalan Soekarno Hatta Km.10, Kec. Karang Joang, dan memiliki lebar tak kurang dari 15 Hektar membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga, atau tempat  wisata pecinta alam, jogging, kemah, bersepeda, dll .. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari Hutan Lindung Sungai Wein.

WISATA BUDAYA & KULINER


1. PASAR INPRES KEBUN SAYUR

Di pasar Inpres kebun Sayur anda bisa membeli pernak pernik dan cindera mata khas balikpapan. Baik berupa pakaian khas, batik kaltim, kalung, anting, gelang, dan barang barang lainnya yang menjadi ciri khas suku dayak dan kalimantan timur. Didepan pasar ini juga terdapat Mall / Plaza kebun sayur, anda juga bisa berbelanja disini.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi, jika budget anda pas pas an pintar pintarlah menawar, karena semua barang disini bisa ditawar. Untuk kaos "balikpapan" dan "borneo" harga mulai dari 35 ribu rupiah.

2. KULINER

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa menyantap makanan populer di balikpapan. Kepiting kenari, iga bakar adalah beberapa makanan yang bisa dijumpai dibalikpapan. Selain itu ada juga makanan dari daerah lain namun tetap ada dibalikpapan seperti coto makassar, sop konro, soto kuda, dan lain sebagainya.

TEMPAT WISATA LAIN


Selain tempat wisata di balikpapan seperti yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang sayang jika dilewatkan, seperti :
Penangkaran Buaya Teritip
Taman Bekapai
Kilang Minyak Balikpapan
Taman Agrowisata
Lapangan Merdeka
Karang Joang Resort
Pasar Klandasan
Dan lain lain....

Related

Wisata 7305066189639381499

CARI DISKON


Paling Populer

item